Rahasia Simbol Mata | PERCEPTION Chapter 1 (Najwa Shihab)

Mesir Kuno, merupakan suatu peradaban yang pernah menjadi peradaban terbaik di masanya. Di saat peradaban lain masih susah payah untuk hidup, kehidupan di Mesir Kuno bagaikan Utopia. Mesir Kuno bertahan sampai 32 dinasti, dengan 170 firaun yang berhasil memimpinnya secara bergantian. Sebenarnya, kekuatan apa yang berhasil mendorong warga Mesir Kuno, untuk membangun peradaban yang begitu megah?

Warga Mesir Kuno memiliki kepercayaan, akan keberadaan sebuah kerajaan langit tempat bersemayam berbagai macam dewa dewi seperti Osiris, Thoth, dan yang lainnya. Sekarang, mungkin kita bisa tertawa geli melihat kepolosan warga-nya. Meskipun begitu, pengaruh beliefs ini tidak dapat dibantahkan. Kepercayaan ini mampu membuat mereka untuk memiliki kekuatan yang di luar batas akal dan nalar mereka. tidak aneh jika sebenarnya terdapat suatu rahasia sebuah rahasia yang tertuang pada salah satu symbol beliefs mereka

The Eye of Horus.

Sebenarnya apa rahasia di balik simbol mata?

Melihat kembali ke sejarah sepak terjang spesies kita, manusia seperti memiliki hubungan khusus dengan simbol Mata. The Eye of Horus contohnya, dimaknai oleh rakyat Mesir Kuno sebagai sebuah simbol pengorbanan dan perlindungan

Di Amerika kita mengenal apa yang kita sebut dengan The All Seeing Eye. Sebuah symbol yang melambangkan kehebatan sosok surgawi di atas sana. Di Budaya Modern, kita juga melihat beberapa penggunaan simbol mata. Contohnya Nvidia Sebuah perusahaan penyedia perangkat computer yang memiliki misi inovasi. Atau kita juga melihatnya di salah satu program televisi populer di Indonesia,Mata Najwa,Sebuah program TV yang bersifat idealis dan independen, Yang berusaha untuk menyorot berbagai macam topik seperti politik ataupun edukasi.

Sebenarnya, apa yang membuat Mata begitu spesial? Kenapa manusia begitu terobsesi menggunakannya sebagai simbol? Mata memiliki suatu value. Sebuah value bawaan yang tidak terlepas dari komponen biologis mata tersebut. Sehingga akhirnya Mata digunakan sebagai simbol di berbagai budaya.

Value ini bernama Informasi.

Mata dari sudut pandang neurosains, merupakan indera manusia yang paling reliabel untuk menangkap informasi. Penglihatan kita memiliki rentang kapabilitas kemampuan yang luar biasa. Kita mampu melihat warna, mengidentifikasi bentuk, mengukur jarak, kecepatan, serta  berbagai posisi spasial yang ada di lingkungan kita. Komponen biologis mata merupakan sistem sensori yang paling berkembang, kuat, dan kompleks. Indera penglihatan kita dapat mengambil porsi 30-50% dari lapisan jaringan otak kita saat sedang menjalankan proses.

Coba anda renungkan, Berapa kali kita merasa mendengar seseorang memanggil nama kita, Namun kita tidak yakin sampai akhirnya kita bisa benar-benar melihat dia. Atau ketika anda mengendus bau yang tidak sedap, Namun anda tidak yakin sampai anda bisa melihat sumber dari bau tersebut.

Mata adalah jendela dunia kita.

Manusia menggali informasi di dunia ini menggunakan mata, layaknya anjing menggali informasi di dunia menggunakan hidung.

Di dunia perkembangan teknologi pun pentingnya Mata tercermin. Layar yang semakin besar setiap tahunnya, kualitas layar yang semakin elegan, serta kualitas kamera yang semakin menggoda kita. Seluruh fitur ini fungsinya adalah untuk memanjakan mata kita. Because deep down we know, this particular sense is priceless. Karena kita sudah tahu, bahwa organ mata tidak ternilai harganya. Dan itu diekspresikan di berbagai hal seperti teknologi modern dan beliefs kuno kita. Jadi, apa yang bisa kita tarik dari cerita ini?

Rahasia simbol mata yang awalnya begitu sakral, yang menyokong system kepercayaan kita dan mendorong kesejahteraan manusia di berbagai peradaban kuno. Ternyata rahasianya hanya terletak di komponen biologis mata itu sendiri.

“The secret of ancient civilizations are much simpler and closer than what we imagined before”

Rahasia dari berbagai peradaban kuno, jauh lebih sederhana dan lebih dekat dari kita dibandingkan apa yang kita bayangkan sebelumnya

Sekian untuk post kali ini, jika anda ingin melihatnya dalam bentuk video, anda juga bisa melihat di youtube saya

Ingat subscribe, saya mau cepat-cepat meet and greet

Komentar Anda

Related Post