7 Tips Cara Mengatasi Depresi

Apa saja cara mengatasi Depresi?

Halo para pembaca, kembali lagi kali ini saya akan membahas tentang depresi. Bagi anda yang belum membaca tulisan saya mengenai Berteman dengan Depresi, saya sarankan untuk membacanya terlebih dahulu. Depresi merupakan gangguan mental yang membuat seseorang kehilangan energi dan minat terhadap sesuatu, memunculkan pikiran negatif, mengalami perasaan bersalah berlebih, serta kehilangan harga diri. Berikut saya mencoba merangkum berbagai cara yang saya temukan efektif dalam mengatasi depresi untuk anda. Semoga tulisan ini berguna untuk anda ataupun teman anda yang sedang berjuang menghadapi depresi.

Olahraga
Sudahkah anda berolahraga rutin?

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang terbukti secara ilmiah dalam meregulasi depresi. Meskipun depresi merupakan gangguan mental, kita ketahui bahwa tubuh fisik dan pikiran kita saling mempengaruhi satu sama lain. Ketika berolahraga, tubuh kita memproduksi hormon endorfin. Hormon ini dikenal sebagai hormon kebahagiaan dan baik untuk otak kita. Selain itu olahraga juga membantu mengurangi kortisol, hormon pemicu stress yang menumpuk dalam tubuh kita.

Kita disarankan melakukan olahraga paling tidak 20 menit setiap kalinya, anda dapat melakukannya 3-4x setiap minggu. Olahraga apapun yang anda pilih bebas, sesuai dengan hobi dan minat anda. Sesederhana mungkin, anda bisa melakukan jogging di alam terbuka sambil mendengarkan musik. Olahraga lain yang membuat anda berinteraksi dalam kelompok seperti futsal ataupun bulu tangkis juga disarankan untuk menjaga suasana hati anda.

Aktivitas Produktif
Hal kecil dapat membuat anda merasa lebih baik

Salah satu karakteristik utama dari depresi adalah perasaan tidak berharga. Banyak orang yang mengalami periode depresi dalam hidupnya karena mengalami kegagalan saat mengejar sesuatu. Gagal mendapat promosi, dipecat dari perusahaan, mengalami putus cinta, semua hal tersebut bisa menjadi pemicu gangguan ini. Melakukan aktivitas produktif dapat membuat kita kembali menyadari, bahwa kita merupakan seseorang yang berharga, bermanfaat bagi lingkungan, dan pantas untuk bahagia.

Aktivitasnya cukup yang sederhana saja, contohnya bersih-bersih. Membersihkan kamar membantu kita untuk menata kembali sesuatu yang memiliki kesan “berantakan”. Tak sedikit orang yang terus menerus terjerumus dalam siklus depresi di ruangan kamarnya yang kacau balau. Selain itu anda juga bisa membantu hal-hal kecil untuk orang terdekat anda, seperti mengantar orang tua untuk bepergian, menemani teman ke suatu kegiatan, dan lainnya.

Bercerita kepada Teman
Ceritakan dengan spesifik

Untuk dapat membagi pengalaman yang menyakitkan untuk anda, membutuhkan keberanian yang luar biasa. Namun percayalah, tindakan ini dapat membantu anda dengan sangat efektif. Anda perlu sadari bahwa anda tidak perlu sendirian menanggung beban ini, anda memiliki orang-orang di sekitar anda yang peduli dengan diri anda meskipun anda tidak menyadarinya.

Setelah mengumpulkan niat, anda dapat memilih beberapa orang dekat dalam hidup anda untuk bercerita. Jika anda masih ragu, anda bisa ungkapkan kepada mereka bahwa anda membutuhkan mereka sebagai sosok yang supportif dan siap mendengarkan. Pengungkapan diri anda akan mendorong mereka untuk membantu anda sebaik mungkin

 

Tulislah Jurnal
Anda bisa tuangkan perasaan anda dengan bebas disini

Terapi menulis merupakan salah satu terapi psikologi yang efektif. Menulis memiliki 2 efek yang baik dalam mengelola suasana hati seseorang. Pertama, anda bisa melampiaskan emosi yang anda pendam selama ini sebebas mungkin. Hal ini biasanya disebabkan oleh tidak ada orang yang tepat untuk membantu anda menerima hal tersebut.

Kedua, anda bisa menata pikiran dan perasaan anda dalam menulis. Cara kedua membantu anda untuk mengatur apa yang sebenarnya anda pikir dan rasakan. Anda bisa mencoba menulis dengan poin sebagai berikut : “Apa yang saya rasakan hari ini”, “Seberapa kuat perasaan ini”, “Situasi apa yang memicu perasaan ini”, “Apa yang saya pikirkan terhadap situasi tersebut”, “Bagaimana seharusnya tindakan saya untuk mengatasi hal ini”. Bagi orang yang cocok, teknik ini memiliki pengaruh yang sangat besar.

Positive Self-Talk
Apa yang anda ingin katakan?

Positive Self-Talk merupakan teknik berbicara hal-hal positif terhadap diri sendiri. Tujuannya adalah membangkitkan perasaan akan kemampuan kita dalam menghadapi dunia. Sebelum melakukan teknik ini, anda harus yakin dan siap terlebih dahulu agar tidak terjebak dengan pikiran negatif anda.

Anda bisa memulai dengan membuat daftar aspek-aspek positif dalam diri anda di sebuah kertas. Aspek itu menjadi panduan bagi anda ketika berbicara dengan diri sendiri. Buatlah runtutan kalimat sebab-akibat yang membuat anda menyadari dinamika persoalan yang mengganggu anda selama ini, barulah anda sisipkan kata-kata positif di dalamnya. Contohnya seperti “Hai Budi, pengalaman di kampus kemarin memang menyakitkan, wajar bagi dirimu merasa seperti itu. Namun kamu harus ingat, kamu adalah sosok yang kuat dan tahan banting sejak kecil. Permasalahan ini merupakan tantangan biasa yang pasti kamu bisa atasi dengan mudah!”

Meditasi
Pilihlah tempat yang kondusif untuk bermeditasi

Meditasi merupakan teknik yang sudah lama dikenal manusia, dan beberapa peneliti menilai efektif dalam mengatasi depresi. Meditasi dapat membantu menenangkan suasana hati dan pikiran kita yang sedang rumit dan kacau. Selain itu, secara jangka panjang meditasi melatih pikiran dan otak kita agar tetap terjaga dan kuat menghadapi situasi apapun. Banyak penelitian menjelaskan bahwa otak kita terbentuk menjadi lebih optimal dengan meditasi secara rutin

Ketika akan bermeditasi, anda bisa pilih tempat yang nyaman terlebih dahulu. Duduklah dengan posisi bersila, punggung jangan membungkuk, letakkan tangan di posisi yang nyaman, dan pejamkan mata. Objek meditasi yang paling umum adalah nafas. Cukup perhatikan nafas keluar masuk tanpa berusaha mengontrol mereka. Biarkan badan yang menggerakkan napas, tugas pikiran anda hanya mengamati dengan rileks dan tanpa beban. Jika pikiran anda melamun, tidak masalah, pikiran anda sedang dilatih. Cukup kembalikan lagi ke nafas keluar dan masuk dan berusaha kembali mengamati. Lakukan rutin setiap harinya selama 15-20 menit, tingkatkan waktu ketika anda merasa mampu.

Cari Bantuan Profesional
Tenaga profesional dapat membantu anda dengan tepat

Cara terbaik, tentu saja dengan langsung mendatangi bantuan profesional. Dari psikolog, konselor, psikiater, maupun tenaga kesehatan mental lainnya dapat membantu anda. Mereka akan merancang teknik dan terapi yang tepat yang tentunya disesuaikan dengan kepribadian dan kondisi anda. Mencari bantuan profesional untuk masalah pikiran merupakan hal yang normal dan wajar.

Anda bisa mencari informasi melalui internet, media sosial, universitas, ataupun organisasi-organisasi setempat. Anda juga bisa menghubungi saya di sini. Tidak perlu khawatir dan ragu, tenaga profesional terlatih siap untuk membantu anda. Satu hal yang perlu anda ingat adalah, anda tidak berjuang menghadapi seluruh persoalan ini sendirian.

Kesimpulan

Seluruh teknik di atas merupakan cara yang terbukti efektif. Anda perlu kembali memahami diri anda untuk memilih cara yang paling tepat untuk anda. Ingatlah bahwa untuk terus berusaha dan jangan menyerah. Jika suatu cara tidak efektif bagi anda, anda bisa mencoba cara yang lainnya. Usaha yang tekun pasti akan membuahkan hasil dan mengubah diri serta lingkungan anda menjadi lebih baik 🙂

Sumber Ilustrasi :

Gambar yang saya gunakan, saya ambil dari akun youtube World Health Organization. WHO dan Matthew Johnstone membuat video yang menurut saya sangat tepat dalam menggambarkan depresi. Anda bisa menonton video itu di sini.

Komentar Anda

Related Post